HATI-HATI, OLI MATIC SAMA OLI BIASA BEDA.....
Kadang-kadang sebagai pengguna sepeda motor baik baru mau pun yang udah dari dulu suka seenaknya ganti oli, kalo berbagai merek sih gak papa, resikonya cuman 35% mesin rusak, tapi kalo beda jenis gimana?
kejadian yang sering terjadi ialah pemilik kendaraan sepeda motor baru biasanya kurang tau spesifikasi motornya, ya karna masih awam, biasanya mereka taunya oli ya oli aja, padahal ada yang namanya SAE, atau ADIKTIF, atau ANTI SLIPAGE tertulis pada oli itu. tapi yang kita bahas adalah anti slipage, yakni oli dengan bahan anti slip.
untuk motor yang menggunakan internal clutches engine, yakni kopling dalam mesin atau kopling basah, harus menggunakan oli dengan anti slip, untuk mencegah slip kopling, sebab kopling basah mengalami rendaman oli di bagian kopling, sedangkan kopling berfungsi untuk meneruskan tenaga dari poros engkol ke transmisi. tapi terkadang ada yang salah menggunakan oli matic untuk mesin biasa hal ini menyebabkan kopling ngesot alias slip. karna mekanisme kopling motor matic berada pada ban, sehingga tidak memerlukan anti slip pada olinya.
so, jadi kesimpulannya jangan pake oli tanpa antislip untuk motor non matic, kalo nggak siap2 aja ngesot koplingnya,
untuk info kritik saran kirim ke cs: rosadibernarddodi@gmail.com
.jpg)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar